Sabtu, 25 Agustus 2012

Penyebab Gigi Persneling Motor Susah Pindah


Sebab gigi persneling motor susah pindah. Kesal rasanya, lagi asyik merayap di tengah kemacetan dengan sepeda motor, lantas ingin melakukan akselerasi. Perpindahan setiap gigi persneling keras. Malah timbul suara keras dibarengi entakan.

Kondisi seperti ini jelas sangat membahayakan. Terutama kala saat menyalip mobil kemudian ada kendaraan dari depan. Lantaran perpindahan persneling terlambat, yang tadinya diperhitungkan bisa menyusul, akhirnya malah kesenggol mobil dari depan.

Seret alias susahnya pindah gigi persneling diprediksi ada komponen yang perlu diganti. Mekanik Waluyo dari Xelon Motor di Petukungan Utara, Jakarta Selatan ada tiga tahap pengecekan seperti di bawah ini.

1.Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling.

Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya, terlalu renggang bikin pindah gigi sulit. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Idealnya, menurut Waluyo, jarak kerenggangan sekitar 3 mm.

2. Cek arm pendorong kopling

Jika bola penekan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan meski mur-baut speling sudah disetel.

3. Pelat kopling

Jika dengan arm pendorong tidak ada masalah, cek pelat kopling. Bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas koplingt jadi nggak maksimal. Alhasil, girboks yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

Untuk mengetahui kalau pelat sudah melengkung, dikasih tahu oleh Waluyo bisa lihat tekanan balik kampas dengan pelat yang di rumah kopling. Cara lain, kampas bisa diletakkan di atas kaca. Bila sudah belengkung sebaiknya diganti.
untukku.com

: Penyebab Gigi Persneling Motor Susah Pindah

Cara Kerja Busi


Busi dapat bekerja jika tersambung ke CDI yang mempunyai tegangan ribuan Volt yang dihasilkan oleh lilitan penyala (ignition coil). Elektron yang terdorong masuk dari lilitan akan menghasilkan perbedaan tegangan antara elektroda di bagian tengah busi dengan yang di bagian samping busi.
Arus tidak dapat mengalir karena adanya bensin dan udara di celah busi, namun jika semakin besar perbedaan tegangan, maka struktur gas di antara kedua elektroda tersebut berubah. Pada saat tegangan melebihi kekuatan dielektrik gas yang ada, maka gas-gas tersebut mengalami proses ionisasi sehingga arus dapat mengalir.
Dengan mengalirnya elektron, maka suhu di celah percikan busi naik drastis (sampai 60.000 K ). Suhu yang sangat tinggi ini membuat gas yang terionisasi dapat memuai dengan cepat, sehingga terjadi ledakan kecil. Inilah yang disebut percikan busi, yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau gundala putra petir.

Busi, Cara Sederhana Ngecek Kondisi Mesin


Kalau mau tahu kondisi mesin sepeda motor kita cek aja businya. Buka busi lalu lihat kondisi ujungnya.
1. Normal
Warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda sampai selongsong busi. Kalau ada warna abu-abu muda, maka settingan karburator terlalu irit bensin.
Kalau ada warna gelap atau hitam pekat, maka setingan karburator terlalu boros bensin.
2. Basah
Ujung busi basah, basahnya ini basah oli bukan bensin, maka ada yang bocor di mesin kita, bisa dari ring piston goyang, bos klep bocor atau oli mesin terlalu banyak hingga seal klep kalah/bocor. Oli ini ikut terbakar di ruang pembakaran mesin dan meninggalkan sisa basah oli. Biasanya pada motor 2-tak disebabkan karena terlalu banyaknya campuran oli samping.
3. Tertutup Kerak
Hal ini disebabkan karena kualitas bahan bakar yang kita pakai jelek, ada campuran kotoran, atau sudut pengapian yang terlalu maju, dan bisa jadi salah pilih jenis busi.
4. Rata dengan keramik
Ini artinya businya udah kebanyakn diamplas jadi udah abis, beli lagi donk yang baru, cuma Rp. 10.000 per biji.
5 Cacat/Rusak
Artinya bensin yang kita pakai jelek sehingga terjadi gejala detonasi (nglitik) atau jarak elektroda busi terlalu jauh. Makanya beli bensin harus pilih-pilih, jangan asal cepat, nggak antri. Tapi jangan kira juga loh kalau di SPBU bensinnya bagus, ada juga SPBU yang nakal, nyampur bensin + minyak tanah. Coba sekali-kali cek kondisi bensin yang kita beli.
6. Penuh Bulu Putih
Ini artinya ada cairan radiator yang bocor dan ikut terbakar di ruang pembakaran mesin.
7. Meleleh
Ini artinya busi menyala sebelum waktunya disebabkan nilai oktan bensin yang terlalu jelek/rendah, derajat pengapian terlalu maju atau mesin terlalu panas.
8. Mengkilap.
Busi basah karena sisa bensin yang tidak ikut terbakar, bukan oli. Ini artinya settingan karburator kurang pas, terlalu boros. Atau bisa juga salah pilih jenis busi, kurang dingin.
Nah , selamat ngecek ya. Kalau udah ketemu kerusakannya, langsung aja dibetulin. Jangan ditunggu-tunggu. Motor bisa ngadat atau boros bensin.

Beli Mobkas Usia Lima Tahun Harus Lebih Teliti


KOMPAS.com — Beli mobil bekas berusia pakai lima tahun lebih murah dibanding yang satu tahun dengan merek sama. Itu betul. Namun, masa garansi sudah hilang. Tak cuma itu, banyak yang mesti diteliti. Selain kelengkapan dokumen, plus bagian yang dicek pada daftar usia 3 tahun, masih ada lima sektor lain.

Inilah sektor-sektor yang perlu diteliti. Bila terlewat, pembeli malah pulang membawa mobil 'busuk'.

1. Periksa bagian seperti dilakukan pada mobil tiga tahun.

2. Mesin
Sebelum dihidupkan, perhatikan kondisi oli melalui tongkat pengukur (dipstick). Bila terlalu kental, ada komponen mesin yang sudah aus. Jangan beli mobil tersebut.

Selain itu, periksa air radiator (mesin kondisi dingin). Jika air bening, itu menandakan bahwa kondisi mesin dan sistem pendingin masih oke.

Setelah hal tadi, hidupkan mesin. Bila Anda mendengar bunyi ketukan yang aneh, atau seperti logam, yang meningkat mengikuti putaran mesin, jauhi mobil tersebut. Periksa juga ujung knalpot, apakah berlumuran oli atau berasap putih. Jika iya, itu pertanda bahwa komponen mesin butuh penggantian. Mobkas Korea umumnya memiliki komponen internal yang tidak seawet mobil Jepang. Untuk mobil asal Eropa, perhatikan sistem pendinginan dengan seksama.

3. Setir dan sistem kemudi
Cek kondisi lingkar kemudi. Bila karet atau kulit pembungkus sudah aus atau licin, bisa dipastikan bahwa mobil tersebut sering dipakai.

Periksa juga jarak main setir dengan cara memutar roda kemudi dalam keadaan mobil diam. Jarak putaran bebas yang terlalu jauh menandakan ada kerusakan pada rumah setir. Pastikan juga power steering dalam kondisi bagus. Cirinya, putaran setir menjadi ringan saat masin dihidupkan. Leleran oli pada rumah setir atau steering rack dan pompa power steering memberi gambaran bahwa ada biaya perbaikan.

4. Kaki-kaki
Untuk gerak roda depan, biasanya kerusakan komponen suspensi lebih cepat terjadi. Untuk mengetahuinya, lajukan mobil melalui jalan bergelombang. Komponen yang sudah aus lebih mudah terdengar.

5. Rem
Periksa volume minyak rem, sebaiknya tidak kurang dari batas minimum (min). Saat mesin hidup, injak rem dan pastikan pedal tidak ambles selama diinjak. Injakan pedal juga tidak boleh terasa berat. Terakhir, jika memungkinkan, lakukan uji jalan. Saat pedal rem diinjak, perhatikan, apakah mobil pindah arah. Selain itu, uji juga kinerja sistem ABS.

6. Transmisi
Untuk matik, apakah respons transmisi pada waktu tuas digeser ke posisi D, atau R dari N berjalan lancar. Bila tidak, ini indikasi ada masalah. Coba bawa jalan, perhatikan apakah respons transmisi mengikuti putaran mesin tanpa selip. Rasakan perpindahan tiap gigi (manual), apakah terasa halus. Jika tongkat bergetar saat mesin dalam kondisi stasioner, kemungkinan bushing transmisi harus diganti.

Periksa mekanisme kickdown, yakni saat mobil melaju konstan, jika pedal gas ditekan dalam, gigi harus pindah ke posisi rendah ditandai dengan melonjaknya putaran mesin. (Sugihendi)

Membersihkan Filter Udara Motor


Jangan sepelekan saringan udara pada sepeda motor. Lalai dari perawatan bisa mengganggu performa. Padahal, untuk membersihkannya tak harus dibawa ke bengkel, dapat dikerjakan sendiri. Hanya, mungkin banyak yang belum diketahui pemilik motor kalau bahan filter udara itu sudah masuk generasi ketiga.Pertama, menggunakan bahan busa, kemudian bergeser dengnan kertas kering dan terakhir (terbaru), kertas basah. Ketiga mempunyai perlakukan berbeda ketika membersihkannya.Nih, petunjuk membersihkannya.Filter udara dari busaMeski sudah lama, tak sedikit pabrikan mengaplikasi model ini lantaran mudah perawatannya. Untuk membersihkannya cukup pakai bensin dengan cara direndam atau disiran, setelah itu diperas. Dilakukan dua sampai tiga kali dan memerasnya busa jangan dipelintir. Selain busa cepat rusak, bentuknya berubah dan melar. Untuk mengeringkannya, cukup diremas dengan halus.Setelah dibersihkan, lumuri pakai oli. “Bisa pakai oli mesin SAE 10-40W atau oli samping. Cukup tipis dilapisi pada permukaan busa,” jelas Songa, mekanik yang membuat motor balap dan juga terima servis motor.Kertas keringDisebut dry element. Bahannya tebal, tidak cepat rusak saat menyedot udara, meski udaranya terkadang bercampur cairan, semisal air. “Proses membersihkan filter ini justru lebih gampang ketimbang berbahan busa,” ungkap Endro Sutarno, Instruktur Technical Service Division, PT Astra Honda Motor (AHM).Untuk menghilangkan kotoran, cukup disemprot pakai angin kompresor, tanpa harus direndam bensin, apalagi dengan oli. Harganya, jelas lebih mahal dari model busa.Kertas basahModel terbaru disebut wet element. Bahannya hampir mirip dengan kertas kering. Bedanya, kertas basah ini memiliki pelumas khusus berfungsi menyetop kotoran tidak masuk ke ruang bakar. Bukan berarti, pelumasnya bisa ditambah.Saringan tipe ini, juga minim perawatan. “Disebut viscous element seperti yang dipakai Honda Vario,” jelas Endro.Selain pada Vario, filter ini dipakai pada Yamaha Soul dan New Mio. Dari selebaran anjuran yang diterbitkan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), filter ini punya banyak pantangan. Di antaranya tidak boleh dicucui atau dibersihkan pakai kuas atau sikat. Dan tak boleh dibersihkan pakai pompa angin kertekanan. “Takutnya, semprotan itu menghilangkan pelumas di kertas,” papar Endro.Cara membersihkannya, cukup dilap tipis. Dengan kata lain, sebenarnya nggak perlu dibersihkan hingga waktu gantinya yang maksimal bisa menempuh 15.000 km.YMKI menekankan buat pemilik Yamaha Soul dan New Mio agar boks filter udara jangan dibuka sama sekali. Kecuali untuk penggantian saringan udara. Dan yang motornya sering melintasi jalanan berdebu, tentu bakal sering ganti filter.SolusiAda cara mudah dan praktis! Gimana kalau filter itu disubsitusi pakai filter model busa. Jadi, kalau kotor tinggal dicuci. Jadi mesti 16 ribu kilometer dan keluar uang lagi. Tinggal beli filter tipe busa. Cari ukuran busa yang sedikit lebih besar ketimbang filter sebelumnya. Jadi kalau kurang, nggak repot dan tinggal potong. Sebagai ilustrasi, untuk Yamaha New Mio bisa pakai filter Mio lama. “Selain lebih murah juga bisa tetap dibersihkan. Sehingga bisa dipakai berulang kali,” anjur Rusnanto mekanik bengkel resmi Yamaha JG Motor di Jl. Kongsijaya, No. 208, Jatibarang, Indramayu
Sumber : kompas.com

Busi basah kenapa?


Busi selalu basah, sudah diganti tetapi setelah dipakai baru beberapa hari atau bahkan beberapa jam sudah basah motor macet sehingga busi harus dibersihkan dulu atau diganti.
Hal itu dapat terjadi karena beberapa sebab :
1. Bahan bakar yang kotor
Artinya bensin yang digunakan mungkin bercampur dengan oli atau minyak, atau mungkin mengisi bahan bakar disembarangan tempat, yang tidak menjamin kemurnian bahan bakar / bensin.
2. Karburator Kotor
Karburator kotor juga dapat menyebabkan busi cepat kotor, solusinya segera service motor Anda dibengkel langganan
3. Oli bocor
Kebocoran Oli bisa saja masuk ketempat saluran bensin sehingga pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan busi kotor dan motor menjadi mogok.
4. Kondisi mesin
Busi basah terus juga bisa disebabkan oleh seher yang harus diganti atau bagian mesin ada yang rusak. Solusinya lakukan service besar.

Mengenali Kerusakan Motor


Mengenali Kerusakan Motor
- Tanda-tanda kerusakan
Pada umumnya setiap kerusakan pasti akan terdapat
tanda-tanda terlebih dahulu kecuali jika terjadi
hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan. Untuk
mengantisipasinya maka perhatikan apabila ada gejala
yang tidak normal/tidak seperti biasanya pada sepeda
motor Anda. Sikap demikian akan membantu dan
memudahkan Anda untuk mendeteksi kerusakan lebih dini.

- Cermati kerusakan
Apabila terjadi kerusakan mesin maka perbaikan tidak
boleh ditunda lebih lama dengan kata lain harus segera
diperbaiki. Namun ingat, jika Anda tidak punya cukup
keahlian jangan sekali-sekali membongkar dan
memperbaikinya seorang diri. Karena disamping buang
waktu dan tenaga maka kerusakan bisa jadi akan tambah
parah. Lebih baik segera Anda bawa ke bengkel.

- Kerusakan beruntun
Apabila sepeda motor Anda mengalami gejala kerusakan
yang berturut-turut dan lebih dari satu sebab maka
cara yang paling tepat adalah periksalah bagian-bagian
yang mudah dicapai terlebih dahulu satu per satu baru
kemudian ke bagian-bagian lain. Anda bisa membawanya
ke bengkel dengan keterangan yang lengkap jadi akan
memudahkan mekanik nya untuk memperbaikinya.

- Kerusakan kecil
Apabila terjadi kerusakan kecil di jalan seperti
kerusakan pada mur, baut, kabel-kabel, kebocoran
bensin/oli yang tidak memerlukan pembongkaran mesin
yang ruwet maka Anda bisa melakukan perbaikan sendiri.
Akan tetapi jika kerusakan yang terjadi mengakibatkan
patahnya komponen utama dan memerlukan pembongkaran
mesin Anda harus membawanya ke bengkel service.

Nah, tak sulit bukan jika Anda mulai mencoba
bersahabat dengan kendaraan sendiri, semakin rajin
merawat, tentu semakin sedikit biaya yang bakal anda kelurkan

Komunitas Honda Tiger Indonesia

Istilah Dasar Spek Sepeda Motor


Kapasitas Mesin

Kapasitas mesin ditunjukkan oleh volume yang terbentuk pada saat piston bergerak keatas dari TMB ke TMA, disebut juga sebagai volume langkah. Volume langkah dihitung dalam satuan cc (cm3). Rumus untuk menghitungnya adalah:


Volume langkah = luas lingkaran silinder x panjang langkah
= phi r2 x S
= phi (1/2 D)2 x S
= phi/4 .D2.S cc



Volume Ruang Bakar
Volume ruang bakar adalah volume dari ruangan yang terbentuk
antara kepala silinder dan kepala piston yang mencapai TMA.
Dilambangkan dengan Vc (Volume compressi)

Volume Silinder
Volume silinder adalah jumlah total dari pertambahan antara
volume langkah dengan volume ruang bakar.
Rumusnya: Vs = Vl + Vc


Keterangan:
Vs= Volume silinder (cc)
Vl = Volume langkah (cc)
Vc= Volume ruang bakar (cc)

Perbandingan Kompresi
Perbandingan kompresi adalah perbandingan volume silinder
dengan volume kompresinya. Perbandingan kompresi berkaitan dengan
volume langkah.

Bila dinyatakan dalam suatu rumus maka:

E= (Vs + Vc)/Vc

E = perbandingan kompresi
Vs = volume silinder
Vc = Volume ruang bakar

dimana: Besarnya perbandingan kompresi untuk sepeda motor jenis touring berkisar antara 8 : 1 dan 9 : 1. ini artinya selama langkah kompresi muatan yang ada di atas piston dimampatkan 8 kali lipat dari volume terakhirnya. Makin tinggi perbandingan kompresi, maka makin tinggi tekanan dan temperatur akhir kompresi.



Torsi
Gaya tekan putar pada bagian yang berputar disebut Torsi, sepeda motor digerakan oleh torsi dari crankshaft Makin banyak jumlah gigi pada roda gigi, makin besar torsi yang terjadi. Sehingga kecepatan direduksi menjadi separuhnya.

Torsi = gaya x Jarak

Besarnya Torsi maksimum setiap sepeda motor berbeda-beda. Ketika sepeda motor bekerja dengan torsi maximum, gaya gerak roda belakang juga maximum. Semakin besar torsinya, semakin besar tenaga sepeda motor tersebut. Besarnya torsi biasanya dicantumkan dalam data spesifikasi teknik, buku pedoman servis atau dalam brosur pemasaran suatu produk motor.

Cek Kondisi Mesin Lewat Busi


Jika ingin mengetahui kondisi mesin motor sebaiknya cek businya. Caranya dengan membuka busi lalu melihat kondisi ujungnya.Normal, biasanya warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda hingga selongsong busi. Jika ada warna abu-abu muda, maka settingan karburator terlalu irit bensin. Apabila ada warna gelap atau hitam pekat maka menandakan setingan karburator terlalu boros bensin.Basah, biasanya ujung busi basah, basahnya ini basah oli bukan bensin. Karena ada yang bocor di mesin anda, bisa dari ring piston goyang, bos klep bocor atau oli mesin terlalu banyak hingga seal klep kalah atau bocor. Oli ini ikut terbakar di ruang pembakaran mesin dan meninggalkan sisa basah oli. Biasanya pada motor 2-tak disebabkan karena terlalu banyaknya campuran oli samping.Tertutup Kerak, hal ini disebabkan karena kualitas bahan bakar yang anda gunakan buruk atau jelek, ada campuran kotoran atau sudut pengapian yang terlalu maju dan bisa jadi anda salah pilih jenis busi.Rata dengan keramik, ini menandakan bahwa businya sudah kebanyakan diamplas jadi sudah abis. Jadi sebaiknya anda beli yang baru karena jika anda biarkan saja maka akan merusak mesin motor anda.Cacat atau Rusak, artinya bensin yang anda gunakan jelek sehingga terjadi gejala detonasi (nglitik) atau jarak elektroda busi terlalu jauh. Jadi sebaiknya saat anda ingin membeli bensin, anda harus pilih-pilih. Cobalah sesekali anda cek kondisi bensin yang anda beli.Penuh Bulu Putih, hal ini menandakan bahwa ada cairan radiator yang bocor dan ikut terbakar dalam ruang pembakaran mesin.Meleleh, biasanya hal ini menandakan bahwa busi menyala sebelum waktunya disebabkan nilai oktan bensin yang terlalu jelek atau rendah dan derajat pengapian terlalu maju atau mesin terlalu panas.Mengkilap, busi basah karena sisa bensin yang tidak ikut terbakar, bukan oli. Ini artinya settingan karburator kurang pas, terlalu boros. Atau bisa juga salah pilih jenis busi, kurang dingin.Jadi harus check ulang mesin motor anda, jika terdapat kerusakan sebaiknya langsung dibetulkan. Jangan menunggu waktu lagi karena motor yang rusak maka akan boros bensin.
(Sumber : Bengkelmotor.com)

Penyebab Kurangnya Tenaga Motor


Bagi setiap pengendara motor, hal apa yang di inginkan selain melaju dijalan raya dengan tenaga mesin yang optimal, akan tetapi penyetelan komponen yang tidak tepat atau kurangnya perawatan membuat harapan tersebut tidak dapat terlaksana.
Kalau anda termasuk salah satu orang yang merasakan masalah serupa, berikut beberapa bagian yang dapat diperiksa.

1. Saringan udara
Cobalah untuk membersihkan komponen yang berfungsi menyaring kotoran dan debu dari udara, sehingga memungkinkan udara bisa masuk lebih banyak keruang bakar, ini karena mungkin ada banyak kotoran yang menempel sehingga menghalangi asupan udara ke ruang bakar. Akan tetapi kalau anda merasa komponen ini sudah lama tidak diganti sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Penggantian ini dilakukan paling tidak setiap 20-25 ribu kilometer atau bersihin tiap service rutin bulanan.

2. Karburator
Didalam komponen inilah proses pengabutan(proses dimana bahan bakar bercampur dengan udara untuk pembakaran yang pada akhirnya proses tadi menghasilkan tenaga untuk menggerakkan sepeda motor berlangsung). Oleh karena itu, sama seperti saringan udara, kebersihan komponen ini juga patut di perhatikan. Service ringan rutin adalah salah satu cara menjaga kebersihan komponen ini.

3. Busi
Busi yang sudah “berumur” menjadi penyebab lain hilangnya tenaga motor karena percikan api yang dihasilkannya tidak konstan. Hal ini disebabkan karena sudah kotor dengan jelaga atau celah busi sudah tidak tepat. Sebagai langkah darurat anda bisa membersihkan busi tersebut dengn meniup dan menggosoknya dengan ampelas. Demikian pula untuk mengatur jarak antar elektroda. Mungkin ganti aja yang baru kali ya secara harganya juga ga terlalu mahal kalau diliat dari fungsi dan masa penggunaannya.

4. Jarum Skep
Penyetelan komponen yang menjadi bagian dari karburator ini perlu dilakukan, karena tenaga mesin yang tidak optimal bisa juga disebabkan karena jarum skep yang terlampau tinggi. Kalau anda tidak dapat menyetel sendiri, sebaiknya bawa kebengkel untuk hasil yang bener-bener maksimal

5. Knalpot atau muffler
Knalpot yang tersumbat oleh kotoran hasil pembuangan dari pembakaran juga menjadi penyebab tenaga motor menjadi melorot. Oleh karena itu lakukan perawatan pada bagian ini setiap 3 bulan atau 6 ribu kilometer agar selain kebersihannya, performanya pun bisa tetap terjaga.
Bagaimana cara ngebersihin muffler: menurut beberapa informasi yang gw dapetin dari bro panca “ dia bilang dibakar dalemannya dengan cara tuang minyak tanah trus dibakar”
Beda lagi penjelasan dari bro ernest , dia bilang sich klo knalpot motor 4 tak tidak perlu di bersihin karena klo muffler 4 tak itu lebih kering dari muffler mesin 2 tak, kalau mau sich ganti glass full(bener ga nulisnya gw) atau lem biru, klo yang dibakar itu menurut baro ernest untuk muffler mesin 2 tak.

Sumber: Kompas media 20 desember 2008.

Cara Setting Karburator Motor


Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.

Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?

Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.


Misal:

Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu:

Karbu pny 2 spuyer :

Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :

Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?

Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.

Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus

Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :

Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

Trus tuk kasus2 mainjet:

Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Note:

Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.

Pemicu Ban Motor Cepat Rusak



an motor cepat rusak karena dua hal. Pertama, karena ulah penjahat menyebar “ranjau” berupa paku atau benda tajam lainnya, yang marak belakangan ini. Kedua, karena kecerobohan pemilik kendaraan.
boncengan_motor

Membawa beban melebihi kapasitas yang dianjurkan bikin ban cepat rusak

Kecerobohan tersebut di antaranya cara berkendara yang “jorok”, seperti sering menghajar lubang atau menabrak benda keras. Kemudian, mereka tidak memerhatikan kondisi komponen yang berkaitan dengan ban. Misalnya, membiarkan tekanan angin kurang atau sering membawa beban yang berlebihan.

Dorari, spesialis OEM Tire PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC, memberikan beberapa contoh kerusakan pada ban, disertai penyebabnya.
alur_ban1

Perhatikan 4 angka pada dinding ban. Dua angka awal menunjukkan diproduksi minggu keempat. Sedang dua angka terakhir dibuat tahun 2009

Pertama, ban sobek, akibat kurang tekanan angin, lantas menghajar lubang atau menyeret benda tajam (ranjau) cukup jauh. Jika pakai ban dalam, sobek kecil tidak akan membuat ban kempis.

Kedua, ban benjol. Ini menandakan bahwa benang konstruksi di dinding putus. “Biasanya (karena) bagian samping membentur trotoar. “Kalau benjol di tengah, itu lantaran kondisi suspensi mati sehingga ban seperti dibiarkan menahan beban berat kendaraan plus pengendara dan penumpang,” ungkap Dorari.

Ketiga, kembang ban termakan sebelah. Penyebabnya terdiri dari beberapa kemungkinan, seperti kondisi velg yang sudah tidak balance. Kalau menggunakan jari-jari, Dorari menyarankan agar bagian itu disetel ulang. Kemungkinan lain, volume shock sudah tidak seimbang. Dampaknya, “Kerja suspensi pun jadi tidak sama,” sebut Udin, Kepala Mekanik Clara Motor, dealer Honda.

Faktor penyebab lain, bushing swing arm sudah aus sehingga posisi roda oblak dan bikin ban tidak rata ketika menapak di permukaan jalan.
alur_ban

Akibat terlalu lama disimpan atau motor menganggur, permukaan ban retak

Keempat, retak-retak karena terlalu lama disimpan sehingga membuat elastisitasnya berkurang. Lihat kode produksi ban yang terdiri dari 4 angka. Dua angka awal pertanda minggu produksi (bisa minggu pertama, kedua, dan seterusnya), sedangkan dua angka di belakang menandakan tahun produksi.

Nah, dengan informasi ini, semoga pemakaian ban motor Anda bisa lebih lama. (dikutip dari : otomotif.kompas.com)

Ngakalin Kampas Kopling Supaya Awet


Buat yang lagi kesulitan duit, terus kampas koplingnya udah agak-agak aus, ini ada triknya buat menghemat uang biar nggak usah beli kampas kopling selama beberapa bulan.

Caranya :

Rendam kampas kopling yang sudah aus tadi di larutan bensin, kurang lebih satu jam aja. Setelah itu dikeringkan dan dipasang kembali seperti semula. Ketebalan kampas kopling yang aus dan baru berbeda jauh, hanya saja kalau sudah aus maka kampasnya agak keras dibandingkan dengan yang baru.
Tetapi dengan cara diatas kampas kopling yang sudah aus pun akan melunak, karena adanya bensin tadi, sehingga nggak slip. Yah lumayanlah untuk jarak sekitar 6.000 kilometer-an. Jarak pakai kampas kopling yand direndam ini tentunya berbeda-beda, tergantung tipe motornya, apakah pake kopling manual atau otomatis.
Silakan dicoba.

Arti Warna Kabel Kelistrikan Sepeda Motor


Warna kabel tiap merek motor berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif(+) dan negatif (-).
Berikut penjelasannya arti warna kabel kelistrikan sepeda motor :

1. HONDA
Hijau : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem

2. YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem

3. SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri

4. KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson

Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak



Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;

1. siapin alat-alatnya

* kunci-kunci standar seperlunya
* kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
* bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
* bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
* bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
* lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
* balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
* kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
* buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!

2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;

* mesin bagian kiri
o komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
* mesin bagian atas
o komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
* mesin bagian kanan
o komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
* mesin bagian tengah
o komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher

3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah

4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda

5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak

6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;

* gasket kit A ( paking top set )
* gasket kit B ( paking full set )
* oil seal selah
* oil seal operan / persnelling
* oil seal gear
* oli mesin 1 liter

7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,

8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri

9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter

10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin

11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!




Cara Refill Catridge Canon



  • Catridge Black PG-30/PG-40/PG-50/PG-830/PG-810
  • Catridge Color CL-31/CL-41/CL-51/CL-831/CL-811
  • Ket untuk PG 810 caranya sama dengan PG40 / 830 
  • Ket untuk CL 811 cara dab posisi warna/letak sama dengan CL41 / 831
 
1. Buka label sticker pada catridge, hingga tampak seperti gambar dibawah ini:

Catatan :Sesuaikan kade Catridge  Printer Anda agar tidak salah warna pada saat refill (Misal CL-41)







2. Perbesar lubang kecil pada catridge dengan jarum paku yg tersedia direfill kit tinta.
3. Isikan tinta refill sesuai warna yg tampak pada gambar diatas dan jangan sampai salah warna.
4. Jangan mengisi tinta terlalu penuh
5. Bersihkan Catridge dengan tisu bila tinta tumpah / bocor sampai catridge benar-benar bersih.
6. Jangan menyentuh pin catridge yg berwarna kuning keemasan.
7. Tutup kembali label Catridge.
8. Pasang Catridge ke Printer kembali.
9. Cleaning Printer 1x / 2x 
10. Bila catridge Run Out / lampu orange kedip-kedip tekan tombol RESUME 5 detik.

Semoga bermanfaat.... 
Salam vcssolo

CARA MUDAH MERAWAT PRINTER INKJET (INFUS / NON INFUS).




 


Keberadaan printer seolah sudah menjadi satu paket dengan komputer. Naum sayangnya, seringkali para pengguna komputer ini mengabaikan perawatan printer. Padahal jika printer ngadat, kinerjanya menjadi tidak optimal.





 Tips merawat Printer Inkjet (yang di Infus / Non Infus) :

1. Gunakan printer secara periodik Agar kualitas cetakan tetap optimal, gunakanlah printer Anda secara periodik sedikitnya 2-3 kali seminggu. Hal ini akan membuat aliran tinta dari lubang tetap lancar.

2. Matikan printer saat tidak digunakan
Jangan lupa untuk selalu mematikan printer jika tidak digunakan. Hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.

3. Jagalah kondisi printer selalu bersih.
Setiap satu atau dua minggu, bersihkan bagian dalam printer. Hal ini perlu untuk menjaga kemampuan printer dalam mencetak. Jangan simpan printer di tempat yang berdebu atau penuh serangga. Bila perlu, bungkus printer dengan plastik agar terhindar dari kotoran.

4. Jagalah kondisi cartridge
Karena cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus dan akan berpengaruh pada hasil cetakan, perlakukanlah selalu cartridge dengan hati-hati. Termasuk saat mengganti tinta.

5. Gunakan Diagnostic Tools
Umumnya seluruh printer memiliki perangkat lunak mengenai bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tersebut. Pelajari sofware tersebut karena mungkin saja informasi yang disediakan bisa menolong Anda mengatasi permasalahan dalam printer.

6. Matikan printer jika gagal mencetak
Terkadang, kegagalan dalam mencetak bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya. Setelah sepuluh menit, masukkan lagi kabel daya tersebut pada colokannya, nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali.

7.Jangan terlalu sering di cleaning (untuk printer Epson & Canon)
Bila terlalu sering di cleaning menyebabkan tinta menjadi boros & mepercepat blinking pada
printer.


8.Gunakan Tinta yg berkulitas / Standar Printer
Usahakan jangan terlalu sering menganti-ganti merk tinta, untuk menjaga keawetan print head & hasil cetak .

9.Gunakan kertas yang sesuai dengan sepesifikasi Printer.
Untuk ukuran ,ketebalan,dll.


Sumber : kumpulantipspilihan 

otak-atik tv rusak (mati)


Apa kabar?? Alhamdulillah semua baik saja..Masih bersama say Mr.Otak atik..heheee
Kali ini kita membahas tentang kerusakan TV dengan kerusakan mati total / mati pet
Cara mengatasi :




1. Cek kabel ac power, ukur dengan avometer
2. Cek fuse ac 220v 2A
3. Cek dioda bridge
4. Cek transistor FET power
5. Cek resistor triger
6. Cek dioda output
7. Cek tr penguat output regulator
8. Cek ic triger
9. Cek tr horizontal (dekat fly back)
10. Cek fly back

Action :
1. Setiap kerusakan barang elektronika dengan kondisi mati total, cek dulu kabel ac, hal ini memang sepele tapi bila kita nggak memulai dari urutannya nanti bisa tambah pusing...hehee
2. Setelah kabel ac dicek, selanjutnya tes fuse (sekering) putus nggak, kalau putus jangan diganti dulu, cek komponen yang menyebabkan fuse putus, antara lain : tes dioda bridge (biasanya jebol atau shot), tes tr power regulator, tes NTC, kalau ada yang shot atau jebol, ganti yang baru
3. Bila langkah ke 2 sudah dijalankan, kondisi tv masih tetep aja mati, coba tes dioda output dengan melepas satu kaki dari pcb, tes juga transistor output tegulator, bila ada yang shot ganti komponen tersebut dengan yang baru
4. Kalau langkah ke 3 sudah dijalankan, kondisi tv masih tetap aja mati, coba tes tr horizontal, posisinya dekat fly back dan pakai pendingin, tes juga dioda tegangan tinggi horizontal, capasitor, dan resistor yang masuk ke kaki fly back no 2.




5. Bila langkah ke 4 sudah dijalankan, kondisi tv masih mati, tes fly back dengan cara lepas fly back dari pcb, gabungkan semua kaki / solder semua kaki, ukur dengan avometer ke posisi x10, colokkan warna hitam ke kaki fly back, warna merah ke anoda., bila jarum avometer bergerak berarti fly back rusak / shot dan harus diganti.

Sampai disini dulu tuk posting hari ini, kalau ada pertanyaan silahkan lewat pos comen aja ya.....tuh kopi gue dah mateng...tetap semangat dan selalu gembira..ok..

Servis UPS


Naaahh...jumpa lagi sama Mr.Otak-atik...heheheee
Kali ini kita membahas tentang kerusakan UPS (Uninterruptible power suply), sebenarnya UPS ini adalah sebuah perangkat elektronik penyelamat dari gangguan listrik yang tiba-tiba mati. Bila terjadi lampu mati secara mendadak, disinilah peran vital UPS bekerja, dia tetap mengeluarkan listrik untuk menyuplai komputer anda dalam durasi sekitar 30 menit bahkan ada yang sampai 2 jam, tergantung kapasitas UPS tersebut.
Kekuatan atau komponen penting didalam UPS adalah batery / acu / aki, bila kondisi aki ngedrop/soak sedikit saja, maka dapat dipastikan UPS tidak akan bekerja secara sempurna. Ok lah kita selesaikan saja masalah kerusakan UPS ini, ada pasien datang dengan keluhan " Mas, UPS ku ini kalau terjadi lampu mati, ada bunyi tuiiiiitt panjang sekali sampai pecah rasanya kuping ini, sekitar 1 menit langsung mati ". Oyi-tok langsung aja ya...
Cara mengatasi :
1. Cek soket / konektor aki
2. Cek bentuk fisik aki
3. Cek dioda kuprox
4. Cek aki


Action :
1. Sebelum membuka UPS pastikan bahwa posisi saklar induk UPS benar-benar off
2. Lihat konektor aki, apa terjadi korosi (kerusakan/kotoran yang disebabkan karena proses kimia), bila ada bercak putih / kuning segera bersihkan dengan air hangat, jangan tersentuh tangan, lebih bagus lagi pakai sarung tangan
3. Lepas semua sambungan kabel aki, amplas konektor aki sampai bersih, amplas juga konektor/soket kabel, setelah itu pasang kembali dan coba hidupkan tanpa mencolokkan kabel ac
4. Bila langkah ke 3 sudah dijalankan dan kerusakan masih tetap saja maka cek bentuk fisik aki, mengapa mengecek bentuk fisiknya?? karena aki yang terlalu lama didalam UPS bila kena charge berkali-kali tanpa pernah terjadi mati listrik, maka bentuk aki akan menggelembung karena cairan didalam aki kering ini berusaha keluar karena proses kimia menjadi listrik. Bila bentuk fisik aki berubah bentuk maka ganti langsung aja akinya. Ok
5. Kalau langkah ke 4 sudah dijalankan dan kerusakan masih tetap saja, cek dioda kuprox/bridge, didalam pengukuran dioda kuprox kalau terjadi selisih ohm yang sangat banyak, maka dapat dipastikan dioda tersebut rusak dan ganti dengan yang baru

Oh ya, teknik pengukuran aki adalah dengan cara memberi beban padi aki tersebut, kemudian tes tegangan aki dengan avo digital, tegangan normal adalah 11,85-12,5 vdc, Bila tegangan kurang dari yang saya sebutkan tadi, maka ganti saja aki dengan yang baru.
Demikianlah postingan saya untuk hari ini, kalau ada pertanyaan silahkan dikirim lewat post coment, saya akan berikan solusi terbaik bagi anda. Selamat berkarya semoga berhasil..Thnks.

Cara menggunakan AVO METER


Halo semua...Alhamdulillaaaah semua baik-baik saja, kali ini Mr.Otak-atik membahas masalah elektronika, kita mulai dengan cara menggunakan avo meter.
Lihat gambar dibawah
Gambar diatas adalah bentuk avometer, kebetulan ini yang merek heles, lumayanlah, tapi saya sarankan bahwa avometer yang bagus itu merek SANWA asli jepang, karena tingkat akurasinya 99% oyi-tok.
Cara menggunakannya :
1. Sebelum avometer dipakai, harus di kalibrasi sampai ke posisi 0 dulu agar hasil pengukurannya tepat dan akurat, lihat gambar dibawah



2. Untuk mengukur resistor  nilai 1k sampai 499k arahkan saklar ke posisi x1k
3. Untuk mengukur resistor nilai 10 sampai 99 ohm arahkan saklar ke posisi x10
4. Untuk mengukur resistor nilai 0,1 sampai 1 ohm arahkan saklar ke posisi x1
5. x1, x10, x1k bisa untuk mengecek kabel putus-nyambung, fuse, kumparan, spul, jalur pcb


6. Untuk mengukur Volt ac, pindah saklar ke posisi 750 vac, 250 vac, 50 vac, 10 vac (lihat kotak merah, khusus untuk ac / arus bolak-balik) untuk mengukur kondisi voltase ac rumah gunakan aja 250 vac, masukkan kedua colok avo kedalam kontak ac.
7. Untuk mengukur volt dc pindah saklar ke posisi 0.1vdc, 0.25vdc, 2.5vdc, 10vdc, 50vdc, 250vdc, 1000vdc. Contoh anda mau mengukur output adaptor printer, maka putar saklar ke angka 50vdc, kemudian masukkan colok avo warna hitam di body/ground, colok warna merah ke posisi +, awas jangan sampai terbalik lo ya, kalu terbalik bisa merusak avometer anda
8. Untuk membuang tegangan anoda  tv atau monitor, pastikan tv atau monitor dalam keadaan off / cabut kabel ac powernya, pastikan anda pakai alas kaki, lebih baik pakai sepatu, putar saklar ke posisi 0,25m dca, colokkan avo warna hitam ke body/ground, sedangkan warna merah ke anoda flback, AWAS itu tegangan yang sangat tinggi sekali, hati-hati dalam melakukannya.Pakai perasaan...hehehehe
Ok deh sekian dulu tuk posting hari ini, untuk pertanyaan silahkan lewat pos comen ya, semoga bermanfaat...have nice day..

Servis printer dot matrix (macet,pita robek)


Salam bahagia...Semoga selalu enjoy dan tetap semangat...Masih bersama saya Mr.Otak-atik  hehehe...
Kali ini kita akan membahas tentang printer dot matrix dengan masalah macet disertai pita robek. langsung aja ya..

Cara mengatasi
1. Cek kondisi printer
2. Cek silinder head
3. Cek ribbon mask 
4. Cek ribbon driver
5. Cek motor vertikal atau motor steper
Pada umumnya, printer dot matrix di Indonesia masih didominasi merek Epson, karena merek ini memang sudah menjadi primadona di negri ini, karena didukung spare part yang banyak beredar di toko-toko penjual part.

Action
1. Sebelum membongkar printer, bersihkan dulu printer dari debu, kotoran atau benda asing yang menyangkut disela-sela mesin. Bila sudah bersih, kasih minyak singer pada silinder head atau besi panjang yang menempel pada head, geser ke kiri dan kekanan dengan memberi minyak singer di sela-sela silinder head, setelah dirasa cukup lancar, sekarang coba tes print. oh ya jangan lupa coba cek ribbon mask yang letaknya didepan head, dengan cara lepas head, cukit ribbon mask dengan pinset, coba amati lubang segi empat, bila lubang melebar atau cacat, ganti aja ribbon masknya. lihat gambar dibawah


2. Setelah langkah 1 anda jalankan, kerusakan masih tetap saja, sekarang coba amati dengan teliti bentuk fisik silinder head, apa terdapat goresan-greesan kasar, karatan?? kalau ada segera bongkar mesin, ambil silinder head, gosok dengan kertas gosok kertas yg agak kasar sedikit, ingat?? waktu menggosok silinder, teteskan minyak singer pada silinder dan kertas gosok, kemudian gosok secara perlahan tapi pasti (pakai perasaan..hehehe).Setelah dirasa cukup, pasang kembali dan coba tes print, bila kondisi silinder mengelupas atau berlubang maka silinder harus diganti
3. setelah langkah ke 2 anda jalankan, kerusakan tetap saja, Sekarang coba cek ribbon driver yang letaknya disebelah kiri mesin, ribbon driver ini kumpulan gear kecil yang kerjanya membantu menggerakkan tali head, bila salah satu gear ribbon ini patah atau mata gearnya sudah halus, maka dapat dipastikan ribbon driver tidak dapat bekerja secara baik, yang mengakibatkan printer macet, dan pita robek.  Ganti ribbon driver atau gear yang sudah rusak dengan yang baru, dan sekarang coba test print.
4. Kalau langkah ke 3 sudah dijalankan, kerusakan tetap saja, sasaran selanjutnya adalah pada motor vertikal atau motor steper, motor steper ini penggerak dari head sesuai perintah dari ic pengolah data, kerusakan motor ini biasanya ditandai dengan bunyi bip dan led berkedip-kedip. Bentuk motor steper lihat dibawah


Prinsip kerja dari berbagai merek printer dot matrix sebenarnya sama saja tergantung penempatan komponen mesin dan elektronikanya, kerusakan macet pada printer dot matrix biasanya sederhana saja, seperti kurang minyak, banyaknya kotoran yang menghalangi jalannya head dan motor penggerak dsb. Langkah-langkah diatas adalah bentuk dari pengalamanku selama ini dalam memperbaiki printer macet, bila ada pertanyaan mohon dikirim lewat post coment, Sampai jumpa lagi pada postingan saya selanjutnya, terus berkarya dan semoga berhasil.Thnks.

Total Tayangan Halaman

Anda Pengunjung Yang Ke

Artikel Terkini