Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa
yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada
ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya
sendiri.. ;
1. siapin alat-alatnya
* kunci-kunci standar seperlunya
* kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker
kopling
* bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat
tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas,
dan bagian tengah-kanan
* bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat
komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan
tengah
* bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
* lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen
mesin bila perlu
* balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
* kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin
pake bensin
* buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di
download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan
yaitu;
* mesin bagian kiri
o komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante
stater
* mesin bagian atas
o komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm,
cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
* mesin bagian kanan
o komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1
set, kopling skunder (ganda) 1 set
* mesin bagian tengah
o komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as,
stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen
pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat
pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan
pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan
komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang
rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar
mesin adalah ;
* gasket kit A ( paking top set )
* gasket kit B ( paking full set )
* oil seal selah
* oil seal operan / persnelling
* oil seal gear
* oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN
ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi
kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli
sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok
– blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
Tidak ada komentar :
Posting Komentar